background img

JELANG PILGUB, REKAM E-KTP MENINGKAT

1 week ago written by
PicsArt_12-21-12.00.56

 

BALIKPAPAN – Perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP meningkat jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2018. Ini diungkapkan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan Hasbulloh Helmi kepada KPFM, Rabu (10/1).

Menurutnya, ini tak lepas dari antusiasme masyarakat untuk menentukan pilihannya di pesta demokrasi skala Kaltim itu.

Pasalnya, salah satu syarat wajib yang harus dimiliki oleh seorang pemilih adalah mempunyai e-KTP. Sehingga hal itu lah, kata Helmi, yang mendorong adanya peningkatan jumlah perekaman e-KTP.

“Kan syaratnya harus ada e-KTP. Dan saat ini permintaan perekaman e-KTP meningkat, dari yang sebelumnya berkisar 100an orang, menjadi 250an orang per hari. Ini bisa dibilang salah satu kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi pada Pilgub nanti,” kata Helmi.

Seperti diberitakan sebelumnya, jumlah warga Kota Balikpapan yang terancam tak bisa mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kaltim 2018 karena belum memiliki e-KTP atau melakukan perekaman e-KTP per Desember 2017 lalu mencapai 33 ribu orang.

Di awal tahun 2018 ini, jumlah tersebut berkurang seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat dalam hal pengurusan e-KTP, termasuk melakukan perekaman.

Berdasarkan data Disdukcapil Balikpapan per 10 Januari 2018, jumlah masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP dan secara otomatis terancam tak memiliki hak suara, berjumlah 20.245 orang.

Untuk diketahui, bagi setiap warga yang belum memiliki e-KTP tak bisa mengikuti Pilkada alias pencoblosan. Hal itu berdasarkan pada Undang-Undang RI Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan KPU Nomor 2 Tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota.

“Syarat setiap pemilih harus punya e-KTP. Kalau belum ada, yang penting sudah melakukan perekaman data di Disdukcapil,” kata Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha saat dikonfirmasi KPFM, Rabu (10/1) sore. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title