background img

JELANG LEBARAN WASPADAI UPAL

1 week ago written by
JELANG LEBARAN WASPADAI UPAL (3)

(Foto: Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana)

KPFM BALIKPAPAN – Bulan Ramadan hingga jelang Lebaran nanti masyarakat diimbau untuk berhati-hati. Pasalnya, tren kejahatan biasanya mengalami peningkatan. Termasuk salah satunya peredaran uang palsu (upal).

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana mengatakan, peredaran upal biasanya terjadi dalam transaksi yang sifatnya kecil. Biasanya menyasar para pedagang.

“Terjadi pada transaksi yang sifatnya kecil. Tapi menggunakan satuan uang yang paling besar, dengan tujuan memecah uang tersebut. Pedagang harus lebih hati-hati. Tetap harus ada kewaspadaan. Polisi juga akan melakukan patroli. Ketika ada laporan maka kita lakukan pengembangan untuk mengungkap penyebarnya,” katanya kepada KPFM, Jumat (10/5).

Jelang lebaran, kata Dia, kasus kejahatan biasanya mengalami peningkatan. “Masyarakat harus lebih waspada. Lebih berhati-hati jangan sampai menjadi sasaran kejahatan,” tambahnya.

Kepada masyarakat yang hendak melakukan transaksi uang dalam jumlah besar, seperti melakukan penarikan di bank maupun membawa uang dari sesuatu tempat untuk disetorkan ke bank, diminta untuk menggunakan pengawalan aparat kepolisian.

“Mengimbau kepada masyarakat Kaltim untuk meningkatkan kewaspadaan. Biasanya jelang lebaran kan banyak transaksi keuangan, untuk kebutuhan lebaran. Bisa pribadi maupun perusahaan untuk THR (Tunjangan Hari Raya),” ujarnya.

Bantuan pengawalan bisa diajukan ke kantor kepolisian terdekat. Dan biayanya gratis. “Perlu ada kewaspadaan. Sehingga silahkan hubungi kepolisian untuk minta pengawalan. Dan itu gratis, tidak dipunggut biaya,” tuturnya. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *