background img

JAJANAN PASAR RAMADAN AMAN

1 week ago written by
JAJANAN PASAR RAMADAN AMAN (3)

KPFM BALIKPAPAN – Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Balikpapan akhirnya tuntas menyelesaikan pemeriksaan terhadap sampel makanan yang diambil saat inspeksi di sejumlah pasar Ramadan di Balikpapan pada, Rabu (8/10) lalu. Hasilnya, dari 35 sampel makanan untuk berbuka puasa atau takjil yang diambil dinyatakan aman dari zat berbahaya.

“Hasil pemeriksaan, alhamdulillah semuanya memenuhi syarat dan aman dikonsumsi,” kata Kepala Loka POM Balikpapan, Sumiaty Haslinda, Jumat (10/5).

Adapun sampel diambil dari sejumlah lokasi pasar Ramadan, antara lain di Ruko Bandar Klandasan, Terminal Balikpapan Permai, Kelurahan Klandasan Ulu, dan sejumlah pasar Ramadan di Balikpapan Kota.

“Sampel makanan yang diuji berupa kue-kue yang berwana mencolok, jenis ikan, cumi, mie dan bakso. Kami cek apakah mengandung zat pewarna bukan makanan dan formalin,” ujarnya.

Uji sampel sendiri ada yang langsung dilakukan oleh Loka POM, dan sebagian sisanya dikirim ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Samarinda.

“Kami pastikan uji sampel akan dilakukan selama Ramadan. Ini dilakukan guna memastikan makanan yang dijual di Balikpapan aman, dan baik untuk kesehatan masyarakat,” ucapnya.

Tim Loka POM dibantu DKK Balikpapan juga terus turun ke lapangan. Terutama menjelang Idulfitri. Karena saat itu jumlah permintaan terhadap makanan semakin meningkat. Karena itu pihaknya ingin agar distributor makanan untuk tidak menjual bahan makanan kedaluwarsa.

“Nanti kami akan melakukan pemeriksaan parcel-parcel yang beredar bersama wali kota jelang akhir puasa,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *