background img

JADWAL PADAT, PERSIBA ROTASI PEMAIN

2 bulan ago written by
WhatsApp Image 2019-09-03 at 11.54.56 PM

KPFM BALIKPAPAN – Tim kebanggaan masyarakat Kota Balikpapan Persiba tampaknya dalam momentum kebangkitan. Pasalnya, tim berjuluk Beruang Madu ini baru saja memetik kemenangan di dua laga beruntun.

Pertama saat mangalahkan tim kuat Persis Solo dengan skor 1-0 pada laga pekan ke-13 Liga 2 tahun 2019 di Stadion Wilis, Madiun, Selasa 27 Agustus lalu. Gol tunggal Beruang Madu pada laga itu dicetak oleh Reza Saputra.

Raihan positif ini berlanjut di pekan ke-14. Menjamu tamunya Persewar Waropen di Stadion Batakan, Manggar, Balikpapan Timur (Baltim), Senin (2/9) malam, Persiba meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0. Ismail Haris menjadi pahlawan pada laga ini berkat golnya lewat titik putih.

Raihan hasil positif ini pun sukses mengangkat posisi Persiba dalam tabel klasemen sementara Wilayah Timur, yakni di peringkat sembilan dengan 15 poin. Nilai ini sama dengan yang dikumpulkan PSBS Biak dan Madura FC. Tapi, Biak dan Madura berada di posisi atas, karena unggul head to head.

Setelah mencatat 100 persen kemenangan tersebut, perjuangan cukup berat bakal dilakoni Persiba pada laga pekan ke-15  nanti. Pasalnya, mereka bakal bertemu tim kuat Bogor Sulut United. Untungnya, laga berat ini, digelar di kandang Persiba Balikpapan.

Sesuai jadwal, laga menarik ini akan terjadi Jumat, 6 September 2019 di Stadion Batakan, Manggar, Balikpapan Timur. Ini menjadi pertemuan kedua bagi kedua tim di musim ini, setelah sebelumnya di putaran pertama Persiba bertandang ke markas Sulut. Kala itu, Persiba harus pulang dengan tangan hampa setelah takluk 0-2 dari tuan rumah.

Persiba kini tentu ingin menorehkan kemenangan. Karena, jika tidak maka Persiba bisa saja kembali ke zona merah atau degradasi. Sebaliknya, jika menang maka akan menjauh dari zona merah. Bahkan berpeluang untuk bersaing di delapan besar Liga 2.

Untuk merealisasikan target itu, pelatih Persiba Balikpapan Satia Bagdja memastikan akan melakukan rotasi pemain di pertandingan nanti. Alasannya, para pemain mengalami kelelahan akibat jadwal pertandingan yang padat. Ia pun tak ingin mengambil risiko, mengingat Persiba hanya punya waktu dua hari untuk persiapan.

“Mungkin ada rotasi karena mepet waktunya. Tidak mungkin kalau nggak rotasi. Mereka lelah, secara mental dan fisik, waktunya satu hari istirahat dan dua hari tersisa untuk latihan. Itu recovery nya agak sulit juga,” kata Satia selepas Pertandingan melawan Waropen, Senin (2/9) malam.

Lini tengah, lanjut pelatih 60 tahun ini, yang bakal menjadi perhatian untuk dirotasi. Ini setelah melihat penampilan Riza Alfin Zidane, M. Said dan Bryan Cesar Ramadhan yang bermain tak sesuai harapan saat mengalahkan Persewar Waropen.

“Banyak yang harus dibenahi untuk lini tengah. Harus berani pegang bola. Kita mau main, tapi nggak berani pegang bola, ya gimana,” ujarnya.

Kemudian jarak antara lini belakang dan lini tengah juga terlalu jauh, sehingga bola kerap dicuri lawan. Beruntung lini belakang Persiba yang dikawal Andre Putra, Ngurah Nanak, Imam Mahmudi dan Irsan Lestahulu bermain ciamik.

“Gelandang bertahannya mesti dekat, dia kan Nanak sama Imam tandukkannya bagus, second ball itu harus dapat, karena kadang-kadang jaraknya jauh, justru pemain lawan yang dapat. Itu yang saya perbaiki,” ungkapnya.

Mantan pelatih Timnas Wanita itu juga mengisyarakatkan akan mencadangkan Irsan karena kelelahan. Kemungkinan dipasang Anis Mujiono yang kini sudah bisa bermain setelah akumulasi kartu kuning. “Sampai detik ini oke, lini belakang. Tapi Irsan saya lihat sudah turun fisiknya, karena dia juga main full,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News · Sports

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *