background img

ISLAM SEBAGAI AGAMA KEMANUSIAAN

3 minggu ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sajadah (Sajian Amal Ibadah) adalah program radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Kaltim. Acara setiap Jumat pukul 10.00 hingga 11.00 Wita ini menghadirkan ustadz H Wahyu Hidayat, Lc, M, SI. Berikut sebagian petikan tausiahnya yang diudarakan, Jumat (4/10).

Agar senantiasa kita bisa mengungkap begitu dalamnya kontemplasi ruh kemanusiaan dan kesederajatan manusia di hadapan Tuhan Rabbul Aalamin. Pendekatan ini sebagai usaha penjelasan dan pembukaan selebar-lebarnya tentang nilai kemanusiaan yang begitu dijunjung tinggi dalam Al Qur’an.

Sebagaimana sudah kita ketahui, bahwa yang dinamakan dengan kemanusiaan adalah segala sesuatu yang berhubungkait dengan diri individu dan sosial manusia, beserta komponen yang mendukung kemanusiaan itu sendiri. Diri manusia mengandungi aspek lahir dan bathin.

Ada namanya habluminallah, dan ada namanya habluminannas. Dan habluminallah habluminannas ini sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Bukan berarti kemudian ada yang mengatakan, habluminaallah nomor satu dan habluminannas nomor dua. Tidak bisa begitu juga.

Karena, habluminallah ada yang wajib, dan habluminannas juga pun ada yang wajib. Sehingga bagaimana yang wajib-wajib ini jangan sampai ada yang kita langgar.

Islam mengajarkan tentang nilai-nilai kemanusian. Tentu karena, Islam ini agama yang mencakup segala aspek kehidupan, sehingga bukan saja mengatur habluminallah hubungan kepada Allah SWT, tapi juga mengatur kepada hubungan sesama manusia.

Kalau kita perhatikan, misalkan syariat puasa, puasa ini kita menahan diri untuk tidak makan, tidak minum, tidak berhubungan suami istri dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Terus kalau orang yang tidak mampu berpuasa, orang yang sakit keras atau orang yang sudah tua, maka apa yang harus dilakukan kalau tidak mampu lagi berpuasa? Ternyata yang harus dilakukan membayar fidyah. Membayar fidyah ini bagaimana? Memberi makan orang miskin. Artinya, larinya kembali ke nilai-nilai kemanusian lagi.

Zakat itu juga jadi kunci pembuka belenggu kemiskinan. Kunci inilah yang diperjuangkan oleh Dompet Dhuafa sebagai lembaga pengelola Zakat, Infak Sedekah dan Wakaf.

Mari bersama-bersama kita bentangkan akses orang-orang miskin terhadap sumberdaya, agar mereka mampu mengelolanya sehingga menjadi mandiri dan berdaya. Salurkan zakat Anda ke rekening Bank Mandiri 149.000.431.1082 atas nama Dompet Dhuafa Kaltim. (BIMA/KPFM)

Article Categories:
News · Talkshow

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *