background img

HAK DAN KEWAJIBAN WAJIB PAJAK BADAN

3 bulan ago written by
HAK DAN KEWAJIBAN WAJIB PAJAK BADAN (3)

KPFM BALIKPAPAN – Setiap Badan Usaha yang sudah terdaftar harus memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) agar bisa memenuhi kewajibannya membayar pajak ke negara yang sudah diatur oleh Undang-Undang Perpajakan.

Wajib Pajak Badan adalah perusahaan di Indonesia, seperti Perusahaan Terbatas (PT), Perusahaan Firma (Fa), Perusahaan Perseroan Komanditer (CV), termasuk koperasi dan yayasan.

Hal tersebut dijelaskan pada segmen Bincang Pajak di program Karir dan Keluarga (KK) radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Rabu (19/6). Hadir sebagai narasumber Account Representative Waskon 2 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Balikpapan Timur Satriya Wicaksono dan Agus Sugianto, serta Pelaksana Ekstensifikasi dan Penyuluhan Baryeri Enggarnadi.

Dalam perbincangan yang dipandu Elyana Sesil itu

Agus menjelaskan, Wajib Pajak Badan ini berkewajiban untuk membayar, memungut atau memotong, melapor serta memberikan data dengan mendaftarkan diri sebelumnya.

“Wajib Pajak Badan bisa membawa fotocopy akta pendirian, fotocopy kartu NPWP, atau paspor salah satu pengurus, serta fotokopi dokumen izin usaha yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang,” ujar Agus.

Dikatakan, Wajib Pajak Badan juga wajib membayarkan dan melaporkan pajaknya tepat waktu agar tidak terkena denda. “Biasanya sering terjadi Wajib Pajak Badan ini membayarkan pajaknya, tetapi tidak melaporkan. Maka akan dikenakan denda,” ujarnya.

Menurutnya, selain kewajiban yang harus dilakukan Wajib Pajak Badan, juga akan ada hak yang didapatkan yaitu Wajib Pajak Badan akan mendapatkan informasi  serta penjelasan mengenai kewajiban perpajakannya secara jelas dan tanpa dipungut biaya.

“Selain informasi, Wajib Pajak Badan juga mendapat perlindungan kerahasiaan atas segala sesuatu informasi yang telah disampaikan kepada Dirjen Pajak,” ucap Satriya Wicaksono.

Ia menambahkan, jika ada kekeliruan saat pembayaran pajaknya seperti kelebihan bayar pajak, maka akan dilakukan pengembalian pajak. “Seperti deposit yang bisa digunakan sebagai pembayaran di bulan berikutnya.”

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kring Pajak 1500200 dan mengunjungi laman pajak.go.id atau via sosial media Instagram: @kwldjpkaltimra dan Twitter: @kwldjpkaltimra. (SESIL/KPFM)

Article Categories:
News · Talkshow

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *