background img

GETARAN GEMPA DONGGALA HINGGA KALTIM

8 months ago written by
IMG-20180928-WA0073

KPFM BALIKPAPAN – Gempa bumi kembali terjadi, Jumat (28/9). Kali ini pusat gempa berada di bagian Semenanjung Minahasa, daerah Pulau Sulawesi. Gempa berkekuatan 7.7 skala richter (SR) ini terjadi sekira pukul 17.02 Wita.

Dari informasi yang diterima, gempa ini sempat berpotensi tsunami, hingga membuat BMKG mengeluarkan status peringatan dini tsunami terhadap daerah-daerah di Sulawesi yang berdekatan dengan pusat gempa, seperti Kabupaten Donggala, Kabupaten Mamuju dan Kota Palu.

Namun sekitar pukul 18.44 Wita, status peringatan tersebut dicabut alias berakhir.

Lebih lanjut, gempa tersebut terasa hingga kawasan Kalimantan Timur. Warga yang berada di daerah Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Timur (Kutim) dan Balikpapan sempat merasakan getaran gempa beberapa saat.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Balikpapan membenarkan getaran gempa tersebut terasa sampai ke Kaltim.

“Iya dirasakan warga. Memang kalau ada gempa besar seperti itu di wilayah tersebut pasti sangat terasa sampai ke Kaltim. Apalagi di kawasan pesisir Kaltim dan Kaltara,” kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kota Balikpapan Mujianto kepada KPFM.

Tak hanya getaran. Bahkan jika terjadi tsunami, kata Mujianto, juga bisa berdampak ke daerah Kaltim. Yakni terjadi peninggian terhadap kondisi pasang air laut. “Jika terjadi tsunami besar, bisa berdampak ke kita (Kaltim),” terangnya.

Saat ini, pihak BMKG Kota Balikpapan terus berkomunikasi dengan BMKG Pusat. Guna menghimpun data dan segala informasi terkait peristiwa ini.

“Data-data masih diolah BMKG pusat. Masih dianalisa, kami juga menunggu. Jika ada informasi, segera kami sampaikan,” pungkas Mujianto. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *