background img

GEMPA SULTENG TERASA DI BALIKPAPAN

6 bulan ago written by
GEMPA SULTENG TERASA DI BALIKPAPAN (3)

KPFM BALIKPAPAN – Getaran gempa yang terjadi di Sulawesi Tengah (Sulteng), sekira pukul 19.40 Wita, Jumat (12/4), terasa hingga Balikpapan. Getaran gempa cukup terasa bagi mereka yang berada di gedung bertingkat. Seperti yang dirasakan petugas penjagaan menara (tower) Kaltim Kariangau Terminal (KKT) di Pulau Balang, Balikpapan.

“Kami yang bertugas di control tower KKT sangat merasakan getaran gedung,” kata Eddy, salah satu petugas yang saat kejadian berada di atas gedung tersebut.

Menurut kesaksiannya, getaran di atas gedung begitu terasa. Karena ketinggian gedung mencapai 19 meter. “Terjadi kurang lebih 3 menit. Goyangan terasa ke kanan dan ke kiri,” imbuhnya.

Peristiwa tersebut, membuat sejumlah petugas control tower termasuk Eddy panik. Mereka pun langsung berlarian untuk turun dari gedung tersebut. “Saat tiba di bawah (lantai dasar), petugas di bawah tidak merasakan apa-apa,” katanya saat dikonfirmasi KPFM.

Sementara Kepala Stasiun Geofisika BMKG Balikpapan Mudjianto membenarkan getaran gempa tersebut terasa hingga Balikpapan. Namun demikian, getaran yang sampai dinilai tak besar. Tapi, untuk di gedung bertingkat diakuinya wajar, jika getaran yang terasa cukup besar.

“Kalau di darat, atau di atas tanah, tidak terlalu terasa. Bahkan ada yang tidak merasakan. Tapi kalau di gedung bertingkat, terasa,” katanya.

Seperti diketahui, terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6.9 Skala Richter di daerah Sulawesi Tengah. Pusat gempat berada di tengah laut dengan kedalaman 10 meter, 85 kilometer sebelah barat daya dari Kabupaten Banggai Kepulauan.

Dari info BMKG, gempa tersebut berpotensi terjadi tsunami. Namun status dini potensi tsunami tersebut telah dicabut.  (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *