background img

DUGAAN PELANGGARAN KAMPANYE JOKOWI DISELIDIKI

2 minggu ago written by
DUGAAN PELANGGARAN KAMPANYE JOKOWI DISELIDIKI

KPFM BALIKPAPAN – Bawaslu Balikpapan saat ini tengah melakukan penyelidikan terhadap dugaan pelanggaran kampanye Capres (Calon Presiden) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) di Jembatan Manggar, Balikpapan Timur, akhir Maret 2019 lalu.

Ini diungkapkan Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Balikpapan Wamustofa Hamzah saat ditemui KPFM di kantornya, jalan RE Martadinata, Selasa (9/4).

“Kita sedang mendalami itu (dugaan pelanggaran),” katanya.

Dugaan pelanggaran yang terjadi dalam kampanye Jokowi di hadapan kurang lebih 500an nelayan di Balikpapan itu adalah penggunaan fasilitas negara.

Dalam hal ini, sejumlah bangku salah satu sekolah dasar (SD) negeri di Balikpapan Timur yang digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan dalam kampanye tersebut.

“Patut diduga menggunakan fasilitas negara. Karena di saat kampanye ada bangku. Ada lebih dari tiga bangku yang digunakan,” tegas Topan, sapaan akrab Wamustofa Hamzah.

Pihaknya, lanjut Topan, tengah mendalami dugaan pelanggaran tersebut. Koordinasi internal Bawaslu Balikpapan serta pengumpulan laporan dan bukti yang didapat di lapangan pun telah dilakukan.

“Gakkumdu Bawaslu sudah melakukan pembahasan pertama terkait laporan dan hasil temuan, hasil laporan pengawasan pengawas yang melihat penggunaan meja. Di mana, di meja itu ada tercantum nama salah satu SD negeri di Balikpapan Timur,” jelasnya.

Hasil penyelidikan baru akan diketahui dalam 14 hari ke depan. “Yang jelas, kami sedang melakukan penelusuran. Melakukan kajian,” ujar Topan.

Sementara disinggung soal penggunaan jembatan saat kampanye Jokowi tersebut yang merupakan fasilitas umum, Bawaslu Balikpapan tak terlalu fokus soal itu.

“Selama pihak kepolisian mengizinkan, tidak masalah. Karena aktivitas jalanan kan tetap berjalan,” katanya.

Seperti diketahui, Jokowi melakukan kampanye di hadapan ratusan para nelayan Balikpapan di Jembatan Manggar, Kamis (28/3).

Dalam kesempatan itu, ratusan nelayan itu juga mendeklarasikan dukungan politik kepada pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *