background img

DUA PEMUDA GASAK RUMAH KOSONG 

3 bulan ago written by
PicsArt_02-10-02.47.54

BALIKPAPAN – Dua pemuda berinisial R (26) dan S (25) oknum warga Kelurahan Sepinggan Balikpapan Selatan harus berhadapan dengan hukum, gara-gara melakukan pencurian rumah kosong di kompleks Perumahan Pelita, jalan Syarifuddin Yoes, akhir Desember 2017 lalu.

Keduanya berhasil diamankan Polsek Balikpapan Selatan saat berada di rumah masing-masing, beberapa hari lalu. Penangkapan ini berdasarkan hasil penyelidikan atas laporan pemilik rumah.

“Rumah itu ditinggal pemiliknya keluar kota selama 10 hari lebih, dari tanggal 24 Desember 2017 sampai 5 Januari 2018. Dan saat pemilik tiba, dia mendapati barang-barangnya sudah tidak ada. Korban pun lalu melapor. Setelah melakukan penyelidikan, kami berhasil mengamankan dua tersangka R dan S ini,” kata Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta melalui Kapolsek Balikpapan Selatan Kompol M Jufri Rana kepada KPFM, Jumat (9/2).

Berdasarkan keterangan tersangka melalui kepolisian, para tersangka masuk dengan mencongkel jendela samping rumah menggunakan linggis sepanjang 71 sentimeter. Aksi pencurian itu dilakukan bertahap, sebanyak 4 kali dengan hari berbeda.

Tak hanya itu, dari pengakuan dua tersangka tersebut, aksi mereka tak hanya berdua. Namun bersama 7 rekan lainnya.

“Aksi pencurian ini dilakukan 4 kali. Awalnya hanya mereka berdua (R dan S). Berhasil masuk pada aksi pertama, keduanya pun mengajak teman mereka melakukan aksi selanjutnya. Pokoknya, dari semua itu mereka berhasil mengambil barang berharga seperti TV, kulkas, komputer, pendingin ruangan mini, kipas angin, penanak nasi. Mereka pakai pikap untuk angkat kulkas,” jelas Jufri.

Barang-barang hasil curian itu, sambung Jufri, dijual seharga Rp1,5 juta. Dan uang tersebut hanya digunakan untuk berfoya-foya.

“Saat ini sudah kami amankan semua. Semuanya laku seharga Rp1,5 juta. Uangnya hanya dipakai buat foya-foya, juga minum-minum. Saat ini dua tersangka dan barang bukti sudah kami amankan. Keduanya disangkakan pasal 363 KUHP. Ancaman kurungannya di atas 5 tahun,” ujar Jufri.

Untuk diketahui, kasus ini masih dalam pengembangan Polsek Balikpapan Selatan, dalam upaya menangkap sisa tersangka lainnya yang saat ini menjadi DPO (Daftar Pencarian Orang). (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menu Title