background img

DPMPT UJI PUBLIK SIP DOKTER 

6 bulan ago written by
PicsArt_09-27-04.34.08

KPFM BALIKPAPAN –Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kota Balikpapan kembali menggelar uji publik standar pelayanan (SP), Rabu (26/9). Kali ini, uji publik terkait surat izin praktik (SIP) dokter.

“Hari ini kita kembali melakukan uji publik. Dihadiri pihak-pihak terkait. Ada perwakilan DKK (Dinas Kesehatan Kota), IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Kota Balikpapan, Persi (Perhimpunan Seluruh Rumah Sakit Indonesia) Kota Balikpapan, beberapa Puskesmas dan perwakilan dari perguruan tinggi,” kata Kabid Pengaduan Layanan Informasi dan Kebijakan DPMPT Kota Balikpapan Yuyun Ningsih dalam keterangan persnya.

Diketahui,  SIP merupakan bukti tertulis yang diberikan dinas kesehatan kabupaten atau kota kepada dokter dan dokter gigi yang akan menjalankan praktik kedokteran setelah memenuhi persyaratan. Dimana, setiap dokter dan dokter gigi yang menjalankan praktik kedokteran wajib memiliki SIP.

“SIP dokter dan dokter gigi diberikan paling banyak untuk 3 tempat praktik, baik pada fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah, swasta, maupun praktik perorangan Maksudnya, SIP dapat berada dalam kabupaten atau kota yang sama maupun berbeda. SIP dokter, SIP dokter gigi, SIP dokter spesialis dan SIP dokter gigi spesialis berlaku untuk 5 tahun. SIP Internsip berlaku untuk 1 tahun,” jelasnya.

Sebelumnya, DPMTP melakukan kegiatan uji publik SP terkait izin pendirian PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Kamis (20/9) lalu.

Sama seperti kegiatan uji publik terkait izin pendirian PAUD tersebut, uji publik kali ini juga menekankan tiga hal yang menjadi target capaian.

“Pertama, agar setiap penyelenggara mampu menyusun, menetapkan dan menerapkan standar pelayanan publik dengan baik dan konsisten. Kedua, meningkatkan unjuk kerja pelayanan publik melalui standar pelayanan. Terakhir, menjadikan standar pelayanan atau SP untuk dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji Penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur,” pungkas Yuyun. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *