background img

DLH BALIKPAPAN TEGUR PDAM

2 weeks ago written by
PicsArt_10-19-10.49.20

Balikpapan – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan tak tinggal diam atas ancaman kerusakan lingkungan yang telah dilakukan PDAM pertengahan Oktober lalu. Instansi berkompeten dalam pengawasan lingkungan itu kabarnya segera melayangkan surat peringatan pada manajemen perusahaan milik daerah tersebut, atas keteledoran dalam sistem kerja sehingga membuat Sungai Ampal tercemar limbah kaporit. Aliran sungai ini berada samping Hotel Zurich, jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Damai, Balikpapan.

Menurut informasi yang diterima KPFM, surat teguran untuk PDAM tersebut sudah ditandatangani oleh Kepala DLH Balikpapan Suryanto setelah mendapat persetujuan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.
Suryanto membenarkan hal itu saat dikonfirmasi KPFM, Senin (4/12).

“Hari ini sudah saya tanda tangani surat untuk pemberian sanksi kepada PDAM setelah mendapat persetujuan pak Wali,” ujarnya singkat.
Suryanto juga mengatakan, langkah selanjutnya adalah melakukan tindakan dan memberikan sanksi kepada PDAM agar ke depannya tidak terjadi lagi pencemaran ke badan sungai.

Saat disinggung bentuk sanksinya, Suryanto tidak menyebutkan secara detail. “Isi sanksinya ya tindakan-tindakan itu, selain teguran administratif,” tegas Suryanto.

Diberitakan sebelumnya, aliran Sungai Ampal samping Hotel Zurich, jalan Jenderal Sudirman, berubah warna menjadi putih karena diduga tercemar oleh limbah yang berasal dari pengolahan air PDAM Kampung Damai pada Kamis, 19 Oktober lalu. Kejadian ini sempat mencuri perhatian masyarakat yang melintas di kawasan itu. Pencemaran ini mengakibatkan beberapa biota sungai itu mati dan mengancam ekosistem sekitar. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title