background img

DISHUB BALIKPAPAN SIAPKAN 2.229 KENDARAAN LEBARAN

1 week ago written by
PicsArt_06-14-10.20.49

Balikpapan – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan bersama operator angkutan telah menyiapkan sebanyak 2.229 unit kendaraan angkutan umum untuk melayani masyarakat pada Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah. Persiapan sarana dan prasarana yang memadai ini diharapkan memaksimalkan pelayanan angkutan Lebaran agar berjalan lancar.

“Jumlah tersebut terdiri dari 2.139 unit angkutan darat dan 90 unit angkutan sungai dengan berbagai jenis, mulai dari bus, mini bus, taxi, angkutan kota, kapal klotok, kapal speed boat, hingga kapal long boat,” kata Kepala Dishub Balikpapan Sudirman Djayaleksana, Minggu (18/6).
Untuk mendukung persiapan tersebut, Dishub Balikpapan bersama instansi terkait telah melakukan ramp check (inspeksi) terhadap angkutan umum antar kota dalam provinsi di Terminal Batu Ampar, pool bus kendaraan, serta travel yang ada di Balikpapan.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengecekan kendaraan dilakukan satu minggu dua kali, yakni pada Rabu dan Kamis atau Sabtu dan Minggu. Setelah dinyatakan lolos dalam pengecekan, Dishub akan menempelkan stiker laik jalan pada kendaraan tersebut.

Mendekati Lebaran, ramp check dilakukan pada 10 Mei hingga 10 Juni 2017 lalu di Terminal Batu Ampar dan pool kendaraan bus. “Menurut data, dari 57 kendaraan yang diperiksa, ternyata 25 kendaraan di antaranya dinyatakan tidak laik jalan. Sebagian besar penyebabnya dikarenakan tidak terpenuhinya sistem penerangan kendaraan dan spidometer yang tidak berfungsi, serta keadaan ban yang sudah usang,” papar Sudirman. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title