background img

DISDUKCAPIL TERAPKAN TANDA TANGAN ELEKTRONIK

1 minggu ago written by
DISDUKCAPIL TERAPKAN TANDA TANGAN ELEKTRONIK (3)

KPFM BALIKPAPAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan terus berupaya memberikan pelayan terbaik terhadap masyarakat. Baik dari segi kecepatan pelayanan maupun kenyamanan masyarakat saat akan mengurus pembuatan dokumen kependudukan.

Kepala Disdukcapil Balikpapan, Hasbullah Helmi, menyampaikan itu saat diwawancarai awak media usai dilantik oleh Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi di Kantor Wali Kota Balikpapan, Senin (12/8) malam.

Dari segi percepatan, kata Helmi, Disdukcapil akan menerapkan tanda tangan elektronik. Ini dilakukan untuk memangkas proses birokrasi kependudukan sehingga tetap berjalan meski pejabat yang bersangkutan tidak sedang berada di tempat.

“Jadi mulai Kamis ini, kami akan terapkan tanda tangan elektronik. Kalau pejabat di luar daerah tetap bisa melakukan penandatanganan berkas,” kata Helmi.

Program ini, lanjut Helmi, sekaligus untuk mendukung wacana Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk penerapan pelayanan kependudukan selesai 24 jam. “24 jam itu artinya dalam hitungan jam kerja pelayanan. Jadi sehari itu pelayanan dibuka enam jam. Nah kalau tiga hari itu 24 jam,” jelasnya.

Namun demikian, Helmi mengaku memang tidak mudah untuk merubah budaya kerja yang ada, karena harus dibangun sistem untuk merubahnya. “Merubah budaya itu paling gampang dengan sistem. Jadi sistemnya memang harus diubah sehingga orang bisa disiplin,” terangnya.

Untuk diketahui, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, melantik sedikitnya 90 pejabat yang baru di Kantor Wali Kota Balikpapan, Senin (12/8) malam. Dalam sambutannya, ia berpesan kepada pejabat yang baru agar merubah paradigma birokrasi untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Sejumlah kantor pelayanan seperti Kelurahan, Kecamatan, Puskesmas dan Disdukcapil diharapkan agar meningkatkan pelayanan sehingga dapat memudahkan masyarakat. Termasuk pelayanan kependudukan 24 jam selesai.

“Jangan lagi ada saya dengar, ada masyarakat mengurus berkas lama, karena pejabatnya lagi keluar atau lagi keluar kantor sarapan,” tegas Rizal. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *