background img

DEWAN SEMPROT PENGEMBANG

2 months ago written by
PicsArt_09-12-07.41.48

Balikpapan – Komisi III DPRD Kota Balikpapan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa perumahan yang sedang dalam pengerjaan pembangunan, Senin (11/9). Salah satu perumahan yang menjadi sasaran sidak adalah Perumahan Green Valley yang berlokasi di jalan Guntur Damai, Kelurahan Gunung Sari Ulu, Balikpapan Tengah.

Saat sidak dilakukan, para wakil rakyat tersebut meninjau bozem perumahan yang ditengarai belum maksimal. Saat dicek ternyata benar adanya, bozem tertutup itu dianggap belum berfungsi sebagaimana mestinya.

Sempat terjadi perdebatan antara para anggota dewan, perwakilan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Balikpapan dengan penanggung jawab pembangunan perumahan tersebut, PT Karya Bersama Anugerah.
Menurut Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Syarifuddin Oddang yang juga hadir dalam sidak itu, bozem yang ada tak sesuai fungsinya sebagai penampung air. Saat dicek, bozem tertutup tersebut tak menampung air, padahal hujan turun Senin pagi.

Pihak DPRD meminta agar bozem yang ada dibongkar, serta dibangun kembali dengan kondisi terbuka.

“Ini sebenarnya sudah sesuai dengan rekomendasi Dinas PU, tapi pelaksanaannya dibuat tertutup, padahal harusnya terbuka. Dengan begini akan sulit dibersihkan jika terjadi sedimentasi. Jadi, kami minta dibongkar dan dibangun terbuka. Kesalahannya di awal adalah tidak ada komunikasi. Pembangunan seperti ini jangan lah main-main. Kan sudah dianggarkan? Mereka sudah menghitung. Ini bisnis murni tapi jangan mengorbankan masyarakat,” kata Syarifuddin.

Dia menjelaskan, jika bozem dibangun tertutup, bendali atau bozem nantinya susah untuk dikeruk saat mengalami sedimentasi.
Sementara pihak pengembang perumahan PT Karya Citra Bersama melalui senior legalnya Lingga Citra Herawan mengatakan, pihaknya akan melakukan pembenahan bozem yang ada. “Akan kami benahi. Nanti perbaikannya seperti apa, akan kami pikirkan,” kata Lingga kepada KPFM usai sidak tersebut.

Untuk diketahui, selain melakukan sidak di perumahan tersebut, para anggota dewan bersama perwakilan Dinas PU Kota Balikpapan, Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Balikpapan juga melakukan sidak di beberapa tempat seperti kawasan belakang Pasar Segar Balikpapan. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title