background img

DEWAN PUJI DISDUKCAPIL BALIKPAPAN

6 hari ago written by
DEWAN PUJI DISDUKCAPIL BALIKPAPAN

KPFM BALIKPAPAN – Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan dinilai baik. Hal ini disampaikan Sekretaris Komisi I DPRD Kota Balikpapan Abdul Jabbar, berdasarkan inspeksi pihaknya ke instansi yang berkantor di jalan MT Haryono itu, beberapa waktu lalu.

Salah satu yang menjadi tolak ukur penilaian adalah memudahkan pelayanan terhadap masyarakat dengan menyediakan mobil keliling Disdukcapil. Dimana mobil tersebut dalam hal ini berfungsi untuk jemput bola, dalam artian menyediakan layanan dari daerah satu ke daerah lain.

“Mereka menyiapkan mobil untuk memudahkan pelayanan. Masyarakat tidak perlu ke kantor Disdukcapil lagi, tapi pihak Disdukcapil yang jemput bola. Mereka mobile ke daerah-daerah. Kalau di Balikpapan Barat, di kantor kecamatannya. Kemudian juga di Kantor Kelurahan Kariangau. Selain itu juga ke wilayah Balikpapan Timur,” katanya kepada KPFM, Selasa (15/5).

Selain mobil keliling, perkembangan Disdukcapil dalam hal pelayanan ditunjukkan dengan adanya akses ke rumah sakit. Dimana apabila ada seorang ibu yang melahirkan, maka akta kelahiran bisa dibuat melalui sistem online, tanpa harus ke kantor Disdukcapil.

“Kalau yang untuk akta kelahiran ini sistemnya sudah online. Jadi data langsung ke Disdukcapil. Ada beberapa rumah sakit, dan ini sudah mulai berjalan,” terangnya.

Sementara terkait pencetakan E-KTP yang menyebabkan antrean panjang di Kantor Disdukcapil beberapa waktu lalu, politisi Partai Gerindra itu menjelaskan hal itu karena keterbatasan jumlah blanko yang dikirim dari pusat. “Bukan masalah Disdukcapilnya. Tapi karena blanko,” ujarnya. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menu Title