background img

CURI 100 JUTA UNTUK SABU

2 bulan ago written by
CURI 100 JUTA UNTUK SABU

KPFM BALIKPAPAN – Mantan karyawan mencuri di rumah bosnya. Begitulah kasus kriminal yang dilakukan seorang warga Kelurahan Mekar Sari, Balikpapan Tengah berinisial AFD (28). Mencuri brankas berisi uang Rp100 juta milik mantan atasannya, AFD kini harus mendekam di ruang tahanan Mapolres Balikpapan.

“Kerugian korban Rp100 juta. Tersangka ini mantan karyawan buruh angkut muat ikan, usaha milik korban,” kata Kasat Reskrim Polres Balikpapan AKP Makhfud Hidayat kepada KPFM di kantornya, Selasa (9/4).

Tak ada alasan kuat seperti dorongan kebutuhan ekonomi yang membuat AFD melakukan aksi kriminalnya. Uang hasil curian hanya digunakan untuk bermain judi, membeli sabu dan berfoya-foya.

Belum sempat menghabiskan seluruh uang hasil curiannya, AFD telah berhasil diringkus jajaran Satreskrim Polres Balikpapan, Minggu (7/4).

Dari tangannya, petugas berhasil mengamankan barang bukti uang tunai Rp93 juta. Sebanyak Rp7 juta telah digunakan untuk berfoya-foya, termasuk bermain judi online di warnet.

“Uangnya ada yang sudah dipakai untuk narkoba, beli sabu-sabu dan berfoya-foya di tempat hiburan. Menerima laporan adanya pencurian, kita lakukan penyelidikan. Interogasi korban, kita inventarisir siapa-siapa yang berpotensi. Mengingat tidak ada kerusakan di dalam rumah,” ungkap Makhfud.

Rupanya tersangka telah merencanakan pencurian tersebut. Setelah berhenti dari kerjanya. Di mana, lokasi pencurian merupakan rumah korban sekaligus tempat kerja tersangka sebelumnya.

“Modusnya, karena tersangka sudah mengetahui seluk beluk rumah, jadi tahu mana tempat untuk masuk ke dalam. Dia masuk melalui plafon. Tidak butuh waktu lama bagi tersangka untuk masuk ke dalam rumah. Lalu mengambil uang korban yang disimpan di dalam brankas. Tersangka ambil sekaligus dengan brankasnya,” katanya.

Aksi pencurian tersebut dilakukan tersangka pada dini hari, sekira pukul 02.00 Wita, Jumat (5/4).

Adapun lokasi pencurian yang merupakan rumah korban berada di bilangan jalan 21 Januari, RT 8 Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat.

Atas perbuatannya itu, AFD disangkakan melakukan perbuatan pencurian dengan pemberatan (curat), dengan jeratan pasal 363 KUHP. “Dia (tersangka) ini curat. Pasal 363 ayat 1, ancaman hukuman 6 tahun penjara,” ujarnya. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *