background img

BPJS DIBATASI, RIZAL DESAK PEMPROV

2 bulan ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi  kembali buka suara terkait persoalan yang meresahkan masyarakat peserta JKN – KIS yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Persoalan yang dimaksud adalah pembatasan pelayanan yang dilakukan oleh BPJS di Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan.

Menurut orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan itu, kebijakan yang dilakukan BPJS sangat merugikan seluruh masyarakat. Meskipun pembatasan hanya dilakukan dengan jangka waktu selama 10 hari ke depan.

“Pelayanan pembatasan itu tetap saja merugikan masyarakat. Walau cuma 10 hari, urusan pelayanan kalau cuma berbatas satu hari saja, masyarakat bisa ribut karena datang ke RSKD dan ternyata tidak bisa dilayani,” kata Rizal Effendi saat ditemui di kantor walikota, Senin (13/5).

Terkait persoalan ini, ketua DPD Nasdem Balikpapan itu juga  mengaku telah menyampaikan langsung kepada Kepala BPJS Balikpapan Endang Diarty saat melakukan pertemuan beberapa hari lalu. Termasuk juga dengan Direktur RSKD.

“Sudah saya sampaikan saat bertemu Kepala BPJS dan Direktur RSKD. Ini efeknya sangat luas. Karena masyarakat kalau kontrol kesehatan, ternyata tidak bisa dan dirujuk ke rumah sakit lain, kan ini masalah juga karena dokternya harus membaca ulang lagi riwayat medis pasien,” ujarnya.

Meski begitu, Rizal memahami langkah BPJS Kesehatan karena harus mematuhi regulasi yang berlaku. “BPJS keras karena sedang defisit, tapi saya bilang, nggak benar kalau hukumannya justru dirasakan masyarakat,” ungkapnya.

Dia juga meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimatan Timur (Kaltim) untuk segera mengambil tindakan dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Terlebih adanya tagihan yang harus diselesaikan oleh BPJS Kesehatan ke RSKD.

“Sudah menghubungi Pak Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, tapi belum terjawab. Saya minta Gubernur ikut membantu karena kan RSKD ini rumah sakit milik provinsi. Jadi masyarakat Kaltim juga pasti kena semua,” tandasnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *