background img

BANDEL DI KTL DITEGUR PAKAI PENGERAS SUARA

2 weeks ago written by
PicsArt_12-04-05.18.31

Balikpapan – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan siap memasang CCTV dan pengeras suara di sepanjang Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL), jalan Jenderal Sudirman, Klandasan. Enam kamera dan loudspeaker bakal tersebar di beberapa titik kawasan tersebut, pada tahun 2018 nanti.

Kepala Dishub Kota Balikpapan Sudirman Dyalakesana menjelaskan, pengadaan dan pemasangan CCTV beserta pengeras suara itu untuk memaksimalkan upaya penertiban terhadap kendaraan maupun pengendara yang masih melanggar rambu-rambu di KTL tersebut.

“Ini untuk mengingatkan para pengemudi supaya tertib berlalu lintas. Jadi mereka tidak parkir sembarangan di ruas jalan KTL. Sehingga mereka juga bisa tertib, dan parkir di kantung parkir yang telah disediakan,” kata Sudirman, Senin (4/12).

Dengan bantuan CCTV dan pengeras suara itu, pengemudi bandel yang melanggar rambu-rambu lalu lintas yang ada di KTL mulai dari pertigaan depan Plaza Balikpapan hingga APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) dekat Kantor Disnaker Kota Balikpapan akan diberi teguran melalui pengeras suara tersebut. Konsepnya sama seperti fungsi CCTV dan pengeras suara di beberapa APILL yang saat ini telah berjalan.

“Saat ini pantauan di beberapa traffic light (APILL) sudah berjalan dengan CCTV dan pengeras suara yang kami pasang beberapa waktu lalu. Jadi kalau ada pengendara yang melanggar langsung diberi teguran lewat pengeras suara itu. Nah konsepnya untuk di KTL ini sama. Nanti kalau masih tetap bandel, petugas akan mendatangi langsung ke lokasi KTL tersebut. Nanti petugas kami berjaga di Gedung Parkir Klandasan (GPK),” jelas Sudirman.

Selain di KTL, Dishub juga akan memasang CCTV dan pengeras suara di beberapa kawasan yang dianggap rawan kecelakaan, seperti di jalan MT Haryono dan jalan Syarifuddin Yoes.

“Jadi tahun 2018 nanti kami berencana akan menambah CCTV dan pengeras suara di kawasan yang kurang tertib dan kawasan yang rawan kecelakaan. Kalau kawasan kurang tertib ya di KTL itu. Untuk yang rawan kecelakaan, ya seperti di turunan atau tanjakan jalan MT Haryono dan jalan Syarifuddin Yoes. Untuk perencanaan ini sudah kami masukkan di anggaran tahun 2018 nanti,” imbuh Sudirman. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title