background img

BAMBROJ TINJAU LOKASI IKN

3 minggu ago written by
BAMBROJ TINJAU LOKASI IKN (3)

Foto : Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, meninjau lokasi ibu kota negara, Rabu (2/10)

KPFM BALIKPAPAN – Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro bersama Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, meninjau lokasi Ibu Kota Negara (IKN), Rabu (2/10).

Didampingi oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, rombongan memantau langsung daerah konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) yang dikelola oleh PT ITCI Hutani Manunggal.

“Hari ini kita melihat-lihat kondisi lahan untuk ibu kota. Yang kita tinjau ini lahan milik negara, cuma masih dikonsesi oleh perusahaan,” kata Bambang Brodjonegoro kepada awak media di sela-sela kunjungan.

Daerah konsesi HTI yang ada di wilayah Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara ini, nantinya hanya untuk daerah pengembangan. Bukan menjadi sentral pemerintahan.

“Ini akan jadi daerah pengembangan saja. Karena kondisi kontur tanahnya yang masih berbukit. Sedangkan kebutuhan lahan pembangunan awal ibu kota baru Indonesia adalah tanah yang datar,” ujarnya.

Saat ditanya titik koordinat Desa atau Kelurahan yang menjadi titik lokasi pembangunan awal IKN, pria yang akrab disapa Bambroj itu masih enggan memberitahu secara detail.

“Yang jelas letaknya ada di salah satu kawasan Kecamatan Sepaku yang memiliki tanah datar,” sebut pria berkacamata itu.

Pada kesempatan itu, Bambroj juga menyampaikan, pembangunan awal pusat pemerintahan di ibu kota baru membutuhkan lahan hingga 6.000 hektare.

“Nah, rancangannya nanti akan dijadikan pusat pemerintahan yang didukung dengan sektor pendidikan dan teknologi tinggi. Kalau transportasi nanti berbasis rel atau publik transportation,” tandasnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *