background img

BALPOS SIAP HADAPI TANTANGAN DIGITAL

3 weeks ago written by
2017_0904_01513000-01

Balikpapan – Balikpapan Pos (Balpos) salah satu media cetak di bawah payung bisnis KPG (Kaltim Post Group) memasuki umur ke-16 tahun pada Senin (4/9). Di usia barunya ini, Balpos ternyata sudah menyiapkan strategi dalam menghadapi tantangan era digital yang semakin canggih.

Direktur Utama Balikpapan Pos Ajid Kurniawan mengatakan, sebagai orang media khususnya media cetak atau konvensional, tentunya sudah mengetahui tantangan di era multiplatform yang semakin kompleks ini. Untuk menghadapai hal tersebut, Balpos dan media lain KPG sudah melakukan langkah-langkah konkret. “Sebetulnya tidak terlalu menjadi sebuah persoalan, karena secara SDM kami juga memiliki divisi lain yang memback up persoalan online dan IT,” ujarnya saat diwawancarai KPFM di sela-sela perayaan HUT Balpos di Gedung Biru Kaltim Post Lantai 2.

Selain itu, lanjut Ajid, ternyata ada hal yang lebih penting untuk bisa bertahan di zaman sekarang ini, yakni melawan persoalan di internal yang lebih kompleks. “Persoalan di luar memang ada, tetapi persoalan di internal itu lebih kompleks tantangannya untuk ke depan. Saya kira yang paling penting itu adalah melawan kemalasan, dan melawan lupa, karena banyak hal baik yang bagi orang media itu penting untuk mereminder kepada publik,” ucapnya.

Di samping itu, lanjutnya lagi, melawan kecepatan dan kedalaman berita juga menjadi indikator penting. Bagaimana menyajikan berita itu dengan data yang valid, detail dan lengkap. ” Sehingga itulah yang menjadi pembeda antara media konvensional dan media online,” beber Ajid.

Untuk menguatkan konten dan isu, Balpos juga menciptakan strategi dalam menyajikan sesuatu yang baru untuk para pembacanya, yaitu merancang sejumlah rubrik. Dua di antaranya adalah rubrik Leader yang berisi mengenai tematik kepemimpinan. Kemudian ada rubrik inotif (inovasi dan kompetitif) yang dirancang untuk mem-publish orang-orang yang memiliki inovasi baik dari sektor pemerintahan, komunitas dan personal.

“Harapan saya tentu Balpos ke depannya menjadi semakin baik dalam segala persoalan, terutama menjadi perusahaan yang baik secara kinerja, keuangan dan produk, karena produk yang baik pasti nanti implikasinya berpengaruh terhadap bisnis,” harapnya. (RARA/KPFM)

Article Categories:
Events

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title