background img

BALIKPAPAN RAIH PRAKARTI UTAMA I

1 week ago written by
PicsArt_07-17-12.36.42

Balikpapan – Poli Keluarga Berencana (KB) yang dibentuk Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Balikpapan di Kelurahan Gunung Bahagia, berhasil meraih penghargaan nasional Prakarti Utama I kategori Kota pada Lomba PKK KB-Kes yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo kepada Wakil Ketua TP PKK Balikpapan Nurlena Rahmad Mas’ud saat peringatan Hari Keluarga Nasional di Bandar Lampung, Sabtu (15/07).

Arita Rizal Effendi sebagai Ketua TP PKK Kota Balikpapan mengatakan, penghargaan ini merupakan wujud keberhasilan yang dilakukan oleh TP PKK Kelurahan Gunung Bahagia dalam menggerakkan peran serta kader masyarakat guna menjalankan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan program Kesehatan di Kota Balikpapan.

“PKK KB-Kes merupakan wujud sinergi program PKK dan Kesehatan, serta keterlibatan peran serta kader masyarakat melalui TP PKK, mulai dari tingkat Kota, Kecamatan, hingga Kelurahan, serta aparat Kecamatan Balikpapan Selatan dan Kelurahan Gunung Bahagia,” ujar Arita.

Poli KB-Kes ini sendiri merupakan Pos Layanan Integratif Keluarga Berencana dan Kesehatan yang dapat dimanfaatkan oleh warga untuk mendapatkan layanan kesehatan dan KB secara terpadu di sebuah pos pelayanan.

“Tentunya Poli ini sangat membantu warga untuk mendapatkan layanan KB dan kesehatan sekaligus. Jadi, misalnya perempuan hamil ke poli ini selain mendapatkan penyuluhan seputar KB dari para kader PKK, mereka juga akan mendapat layanan pemeriksaan dari petugas kesehatan di puskesmas setempat. Sehingga poli ini merupakan wujud keterpaduan Program PKK dan Kesehatan,” papar istri Walikota Balikpapan ini.

Selain membangun pos pelayanan, pengembangan program KB di Balikpapan juga mengarah pada membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat dari program KB dengan membentuk komunitas Kampung KB di Kelurahan sejak tahun lalu.

Lebih lanjut Arita menjelaskan, Kampung KB tersebut merupakan upaya dari pemerintah dalam mendekatkan Program KB di tengah-tengah masyarakat khususnya bagi para aseptor KB. Ke depannya program ini akan diperluas di seluruh kecamatan di Kota Balikpapan yang kemudian akan dipadu dengan 10 Program Pokok PKK.

“Kita berharap sinergi program tersebut dapat bermanfaat bagi para aseptor, mereka dapat merasakan manfaat dari Program Pokok PKK, misalnya manfaat Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jika hal tersebut terbina, maka secara tidak langsung para peserta ini dapat melakukan pencegahan dari berbagai penyakit yang menimpanya, baik penyakit menular maupun yang tidak menular,” jelasnya. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title