background img

BALIKPAPAN BUTUH TOL LAUT

2 months ago written by
PicsArt_07-14-05.11.07

Balikpapan – Mengingat sebagian besar kebutuhan pokok dipasok dari luar pulau Kalimantan, Walikota Kota Rizal Effendi menegaskan, Balikpapan membutuhkan tol laut untuk menekan inflasi yang terjadi selama ini. Hal itu diutarakannya saat melakukan peninjauan ke Pelabuhan Semayang bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Jumat (14/7).

“Saat ini hampir 95 persen kebutuhan pokok di Balikpapan berasal dari Surabaya, Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan. Kalau arus barang ini terganggu, maka akan terjadi inflasi. Untuk itu, kami harap tol laut dapat dikondisikan di Balikpapan, supaya arus barang ini berjalan lancar. Karena kalau terhambat, semua barang menjadi mahal,” ujar Rizal kepada Menhub.

Menanggapi hal tersebut, Budi sangat menyetujui usul Rizal. Bahkan, Budi menginginkan Pelabuhan Semayang ini dapat menjadi titik pelayanan untuk menyejahterakan masyarakat. Oleh karena itu, dia dan Dirjen Laut berinisiatif mengumpulkan stakeholder untuk mendengar masukan-masukan untuk perbaikan Balikpapan.

Menurutnya, program tol laut yang dicanangkan Pemerintah Pusat untuk pengiriman barang-barang dari Barat ke Timur sangat bisa dimanfaatkan oleh Balikpapan yang posisinya berada di tengah untuk pengiriman barang-barang menuju Jawa atau sebaliknya dan menuju ke wilayah Timur.

“Tol laut di Balikpapan dapat juga direalisasikan dalam waktu satu bulan. Namun, tetap harus ada uji coba terlebih dahulu. Dengan begini kita akan intensifkan,” imbuhnya.

Dalam peninjauan tersebut, turut hadir pula Dirjen Perhubungan Laut Tonny Budiono, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Kepala KSOP Balikpapan Henry Tondang, Kepala Dishub Balikpapan Sudirman Djayaleksana, Kepala Dishub Penajam Paser Utara Ady Irawan, dan para pelaku bisnis transportasi laut. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title