background img

AWAN TEBAL, HILAL TAK TERLIHAT DI BALIKPAPAN

6 months ago written by
27 MEI 2017 - HILAL

Balikpapan – Hilal tak terlihat di Kota Beriman Balikpapan. Hal itu bukan tanpa sebab, bukan pula sebagai pertanda belum datangnya bulan Ramadhan. Tak tampak dikarenakan adanya cuaca mendung yang mengakibatkan munculnya awan tebal, sehingga menutupi Hilal dari pandangan BMKG Kota Balikpapan, melalui alat bantu teropong.

Demikian dikatakan Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kota Balikpapan Mujianto kepada KPFM, usai pemantauan Hilal bersama beberapa tokoh agama, tokoh masyarakat, pihak Pertamina dan Pemkot Balikpapan di kawasan jalan Gunung Dubbs, Kelurahan Prapatan, Jumat malam (26/5).

Menurutnya, seharusnya Hilal terlihat saat matahari terbenam. “Secara hisap (perhitungan) pada saat matahari terbenam yaitu pada pukul 18.23 Wita lewat 23 detik, bulan posisinya 7 derajat, 55 menit, 11 detik, di atas ufuk. Nah seharusnya di posisi itu Hilal sudah terlihat. Tapi karena ditutupi awan comulonimbus, akhirnya Hilal tidak terlihat,” jelasnya.

Namun demikian, lanjut Mujianto, jika berdasarkan perhitungan pihaknya, awal bulan Ramadhan jatuh pada hari Sabtu (27/5). “Kalau dalam perhitungannya, memang sudah masuk bulan puasa. Insya Allah besok (Sabtu, 27/5) sudah masuk 1 Ramadhan. Jadi malam ini kita Salat Tarawih,” tambahnya.

Perhitungan awal Ramadhan yang disampaikan Mujianto tersebut kemudian diperkuat oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, melalui Konferensi Pers yang disiarkan di beberapa stasiun TV nasional secara langsung. Dalam konferensi tersebut, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu (27/5). (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title