background img

AP I BALIKPAPAN DINILAI MINIM SOSIALISASI

2 weeks ago written by
PicsArt_11-09-05.03.40

Balikpapan – PT Angkasa Pura I (AP I) Balikpapan dinilai minim melakukan sosialisasi berkaitan dengan kepentingan penumpang Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. Salah satunya mengenai asuransi perlindungan penumpang dan pengantar yang sudah berjalan lima tahun.

Wahyudin (53) salah satu penumpang SAMS Sepinggan yang akan terbang ke Surabaya mengaku, tak pernah mengetahui bahwa keselamatan jiwanya selama berada di wilayah bandara telah ditanggung oleh manajemen AP I Balikpapan.

“Saya baru tahu kalau selama berada di bandara mendapat jaminan perlindungan. Padahal saya sering naik pesawat keluar kota,” ujarnya saat diwawancarai KPFM di lobi keberangkatan bandara SAMS Sepinggan, Kamis (9/11).

Selain Wahyudin, Farida juga tidak mengetahui perlindungan ini. Ia tak menyangka bila tanpa mengeluarkan biaya sudah bisa mendapat asuransi dari pihak AP I. Keduanya sependapat bahwa sosialisasi mengenai hal ini sangat minim.

“Biasanya yang dapat asuransi harus mengisi berkas dan membayar rutin. Saya tidak tahu kalau ada asuransi yang jamin,” ujarnya.

General Manager AP I Balikpapan Handy Haryudhitiawan dan Kepala Cabang Asuransi Jasa Raharja Putra yang ditemui secara terpisah, tak sependapat penilaian pihaknya minim sosialisasi.

Handy mengatakan, sudah lima tahun bandara SAMS Sepinggan di bawah perlindungan asuransi Jasa Raharja Putra. Setiap tahun pihaknya melakukan sosialisasi kepada semua karyawan bandara tentang adanya jaminan asuransi tersebut. Bahkan memasang banner dan spanduk di sejumlah titik di bandara SAMS Sepinggan, terlebih saat peak season.

“Informasi itu memang tidak kami sampaikan kepada setiap pengunjung yang keluar masuk bandara dalam waktu yang singkat. Maka dari itu kami memasang beberapa banner di sejumlah titik. Kalau memasuki peak season kami menambahkan spanduk yang besar agar lebih terlihat. Untuk sosialisasi kepada karyawan sendiri kami rutin melakukannya setahun sekali,” ujarnya.

Menurutnya, asuransi tersebut adalah hasil kerjasama antara AP I Pusat dan Jasa Raharja. Kerjasama ini hanya pada 13 bandara di Indonesia. Jaminan ini diberikan kepada penumpang maupun pengantar yang berada di seluruh kawasan bandara atas risiko yang timbul akibat kecelakaan, seperti meninggal dunia, cacat tetap sebagian atau pun total dan luka. Hal ini juga berlaku bagi seseorang yang meninggal karena sakit.

“Untuk mendapatkan jaminan itu, pengunjung harus melapor kepada petugas bandara yang berada di sekitarnya saat terjadinya peristiwa tersebut. Setelah itu, pihak bandara yang akan membantu mengklaimkan kepada Jasa Raharja,” imbuh Handy.

Harapannya, semua pengunjung dan penumpang yang berada di seluruh area bandara SAMS Sepinggan merasa aman terlebih ketika musibah menimpa mereka, karena pihak AP I Balikpapan akan segera bertindak dan seluruh biaya ditanggung oleh asuransi. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title