background img

ANGGARAN PILGUB MASIH BELUM JELAS

1 week ago written by
18 MEI 2017 - BNNK

Balikpapan – Anggaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim tampaknya masih belum ada kepastian. Pasalnya, hingga saat ini belum ada kejelasan seputar dana yang diajukan KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kaltim sebesar Rp350 miliar kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

Padahal, tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilgub mulai dilaksanakan satu bulan lagi. Namun, sampai saat ini, pihak KPU belum menerima kejelasan atas jumlah anggaran yang diajukannya itu. “Yang jadi masalah, anggaran yang kami ajukan belum ada kejelasannya dari Pemprov. Memang ada dana sebesar Rp20 miliar. Tapi yang diinginkan KPU itu kan kepastian jumlah anggaran dari Pemprov, yang kemudian dibuktikan dengan NPHD (Nota Perjanjiam Hibah Daerah). Kalau sudah ada NPHD-nya, berarti sudah ada kepastian. Tapi sampai sekarang itu belum ada NPHD nya,” keluh Komisioner KPU Kaltim bidang Parmas (Partisipasi Masyarakat) dan SDM (Sumber Daya Manusia) Mohammad Samsul Hadi kepada KPFM, usai peluncuran Rumah Pintar Pemilu KPU Balikpapan, Kamis (18/5).

Jika belum ada kejelasan dari Pemprov Kaltim terkait besaran anggaran Pilgub hingga Juni nanti, maka, kata Mohammad Samsul Hadi, KPU tak dapat melaksanakan tahapan-tahapan yang telah ditentukan waktu pelaksanaannya itu. “Kalau nggak ada anggarannya ya nggak bisa dijalankan. Karena salah satu hal untuk melakukan tahapan-tahapan itu harus fix dulu anggarannya,” tuturnya.

Seperti diketahui, tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilgub Kaltim mulai digelar sekitar akhir Juni 2017 nanti. Tahapan pertama dimulai dengan pembentukan badan Ad Hoc, seperti perekrutan PPK (Program Pengembangan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara). (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title