background img

ANAK KORBAN KEBAKARAN BUTUH BUKU

2 weeks ago written by
PicsArt_01-05-10.03.09

Balikpapan – Kebakaran hebat yang menghanguskan sedikitnya 114 bangunan di lima RT Kelurahan Klandasan Ulu Balikpapan Kota pada Jumat (5/1) dinihari, masih menyisakan duka bagi para korban, terutama anak-anak yang harus kehilangan perlengkapan sekolah mereka karena ludes terbakar. Padahal, Senin depan liburan sekolah sudah berakhir dan kegiatan belajar di sekolah dimulai kembali.

Ketua RT 12 Kadarsah mengatakan, lebih dari 80 persen korban kebakaran tidak berhasil menyelamatkan harta bendanya, kecuali hanya baju yang tertempel di badannya saja. Apalagi perlengkapan sekolah untuk anak-anak mungkin tidak akan terpikir di benak mereka,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan KPFM di posko yang berdiri di lahan eks Polda Kaltim jalan Wiluyo Puspoyudo samping Kantor Wali Kota Balikpapan, berbagai bantuan seperti sembako, makanan siap saji dan baju bekas layak pakai sudah membanjiri posko. Sedangkan untuk perlengkapan sekolah seperti seragam, buku, peralatan menulis dan lainnya hampir tidak terlihat di antara tumpukan bantuan dari para dermawan.

“Sudah banyak sekali dermawan yang membantu untuk persediaan nasi bungkus termasuk dari Pemkot Balikpapan. Untuk baju bekas layak pakai juga sudah banyak sekali, bahkan sudah hampir memenuhi posko. Info terbaru setelah pendataan, yang juga diperlukan adalah perlengkapan sekolah untuk anak-anak mulai dari pensil, pulpen, buku, tas sekolah, dan lainnya,” papar salah satu relawan yang berjaga di posko.

Berdasarkan data dari posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ada 353 jiwa kehilangan tempat tinggal dari 121 Kepala Keluarga (KK) yang ada di lima RT, yaitu RT 11, RT 12, RT 13, RT 22 dan RT 23.

Adapun anak-anak korban kebakaran yang membutuhkan perlengkapan sekolah sebanyak 41 anak yang terdiri dari, 2 anak PAUD/TK, 19 murid SD, 8 pelajar SMP, 11 siswa SMA/SMK dan 1 mahasiswa. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title