background img

AMPLANG CEGAH PUNGLI, SUDAH 13 RIBU PENGGUNA

4 months ago written by
24 MEI 2017 - AMPLANG

Balikpapan – Polda Kaltim secara resmi meluncurkan aplikasi layanan masyarakat berbasis Android bernama Amplang (Aplikasi Media Pelayanan Langsung). Peluncuran tersebut dilaksanakan di Ruang Makaham, Mapolda Kaltim, jalan Syarifuddin Yoes, Balikpapan, Selasa (23/5).

Beberapa pelayanan yang dapat diakses melalui aplikasi tersebut yaitu membuat pengaduan, melaporkan kejadian tertulis dengan bukti foto, dapat mengecek informasi prosedur untuk melakukan hal-hal seperti perizinan, termasuk pembuatan surat keterangan Kepolisian SKCK dan SIM. Jadi tak perlu lagi antre ke kantor polisi.

“Intinya aplikasi ini memudahkan masyarakat. Dan ini juga mencegah agar tidak terjadi Pungli (Pungutan Liar). Tentu ini juga mencegah penyalahgunaan wewenang oleh anggota kepolisian, ya seperti Pungli itu. Contoh buat SIM atau perpanjangan SIM, karena antrean banyak di kantor Polisi akhirnya yang mau duluan atau biar cepat selesai harus bayar lebih. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat nggak perlu lagi antre panjang-panjang,” kata Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin.

Aplikasi Amplang tersebut sudah ada sejak 6 bulan yang lalu. Namun, saat itu masih bersifat uji coba. Hingga saat ini tercatat ada sekitar 13.284 orang pengguna android yang telah mengakses atau mendownload aplikasi tersebut. Aplikasi itu dapat diunduh pada Play Store secara gratis. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title