background img

AKIBAT HUJAN LANTAI RUMAH AMBRUK

5 days ago written by
PicsArt_10-12-03.36.21

Balikpapan – Hujan deras yang mengguyur Balikpapan Kamis (12/10) sekira pukul 03.00 Wita, membuat satu rumah di RT 32, Kelurahan Mekar Sari Balikpapan Tengah rusak parah. Berdasarkan pemantauan KPFM, rumah dua lantai milik Suarsih itu masih berdiri, namun kondisi lantai dasarnya ambruk.

Menurut anak Suarsih, Januar, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 05.00 Wita. Ambruknya lantai dasar rumah berukuran 13 x 7 itu akibat adanya pengikisan tanah. Posisi rumah itu tepat berada di samping parit. Setiap hujan deras air yang mengalir di parit tersebut selalu deras.

“Tadi pagi kan hujan, jadi air di parit itu kencang banget. Air mengikis tanah di bawah rumah. Sehingga lantai bawah ambruk. Memang sekitar dua bulan lalu sudah terlihat pengikisannya. Ini yang membuat volume tanah di bawah lantai menjadi kosong. Akhirnya jebol,” kata Januar sambil menunjukkan bagian dalam rumahnya.

Saat ambruk, aliran air parit langsung masuk ke bagian rumah. Beruntung tak ada korban jiwa saat terjadi ambruk. Namun beberapa barang berharga ikut hanyut terbawa arus.

“Lantai dua rumah ditinggali ibu saya. Lantai bawah yang ambruk itu dikontrakan. Disitu yang tinggal Ibu Linda bersama suaminya dan dua adiknya. Saat kejadian mereka sudah bangun. Ambruknya lantai itu berangsur, pertama ruang tamu, lalu kamar. Mereka nggak sempat amankan ijazah dan surat berharga karena sudah keburu kebawa arus,” tambah Januar.

Saat ini rumah tersebut sudah dikosongkan. Para penghuninya pun telah diungsikan keluarga.

“Rumah sudah kosong. Karena sudah tidak bisa ditinggali. Takutnya akan ambruk lagi. Jadi barang-barang pun sudah kami evakuasi ke tetangga dan keluarga,” ujar Januar. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title