background img

ABU KEBAKARAN KLANDASAN DIBAWA KE LABFOR SURABAYA

3 months ago written by
PicsArt_01-09-08.15.09

Balikpapan – Kurang lebih tiga jam melakukan identifikasi di lokasi kebakaran kawasan jalan Wiluyo Puspoyudo, Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan, Senin (8/1), Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Bareskrim Polri langsung kembali ke Surabaya.

Dua orang tim tersebut kembali ke Kota Pahlawan dengan membawa sejumlah sampel hasil identifikasi di salah satu rumah RT 12 yang diduga menjadi tempat pertama kali terlihatnya api.
Hasil tersebut akan diperiksa di laboratorium, guna mencari penyebab kebakaran yang terjadi Jumat (5/1) dinihari itu.

“Olah TKP ini untuk mencari bekas-bekas pola penjalaran api. Ya tujuannya untuk menentukan dari mana api berasal,” kata salah satu anggota tim tersebut, Kompol Agus Santosa usai identifikasi.
Adapun beberapa sampel yang diambil dari lokasi identifikasi tersebut di antaranya abu, kabel dan stop kontak yang ditemukan saat identifikasi berlangsung.

“Tadi kami ambil abu, stop kontak dan ada kabel-label juga. Ada pula asbak. Itu semua kita akan bawa untuk diperiksa di laboratorium,” imbuh Agus.

Terkait pemeriksaan atau uji laboratorium, kata Agus, butuh waktu beberapa hari. Yang pasti, jika uji laboratorium selesai dilakukan, hasilnya akan diserahkan ke Kepolisian Balikpapan, dalam hal ini Polres Balikpapan.

“Kalau pemeriksaan abu kurang lebih satu minggu. Tapi kalau mendalami sampel-sampel seperti kabel butuh berhari-hari lagi. Terkait penyebab kebakaran ya harus nunggu hasil semuanya. Abu akan diperiksa apakah mengandung minyak atau hidrocarbon atau tidak,” ujar Agus.

Diberitakan sebelumnya, Tim Labfor Bareskrim Polri Cabang Surabaya melakukan identifikasi di salah satu rumah yang menjadi keganasan api, Jumat (5/1) dinihari lalu. Tujuan identifikasi adalah mencari penyebab kebakaran tersebut. Diketahui, rumah tersebut milik Pak Dimun, yang disewakan kepada Pak Junaidi. Menurut informasi, api pertama kali terlihat dari rumah milik Pak Dimun tersebut.

Kebakaran di kawasan jalan Wiluyo Puspoyudo tersebut menghanguskan seratusan rumah yang tersebar di 5 RT, Kelurahan Klandasan Ulu. Kebakaran tersebut berlangsung selama 4 jam, dan menelan tiga korban jiwa. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title