background img

48 SMP TERAPKAN PROGRAM 5 HARI

3 months ago written by
PicsArt_09-08-12.37.53

Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan meresmikan program sekolah 5 hari bagi 48 SMP Negeri dan Swasta se-Balikpapan di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) jalan Praja Bakti Balikpapan Selatan, Senin (8/1).

Kepala Disdikbud Muhaimin mengatakan, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 yang menggantikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2017 mengenai Pendidikan Karakter, pelaksanaan program sekolah lima hari itu diserahkan kepada masing-masing daerah, disesuaikan dengan kondisi yang ada. Untuk di Balikpapan sendiri, dari total 75 SMP yang ada di Balikpapan, 48 di antaranya sudah siap menjalani program itu. “Jadi Perpres yang sekarang tidak mewajibkan semua sekolah menerapkan 5 hari sekolah. Sesuai kesepakatan oleh Kepala Bidang SMP, di Balikpapan ada 22 SMP Negeri dari 23 SMP Negeri, dan 26 SMP Swasta dari 52 SMP Swasta,” ujarnya.

Dikatakan, dalam menjalankan program sekolah 5 hari ini, para siswa harus menambah jam belajar di sekolah selama 1 jam. “Jika sebelumnya siswa bersekolah dari pukul 07.15 Wita hingga 14.15 Wita di hari Senin hingga Kamis, sekarang siswa harus bersekolah hingga pukul 15.15 Wita. Kemudian untuk hari Jumat, setelah salat Jumat dilanjutkan kegiatan ekstrakurikuler. Yang jelas dalam satu minggu itu total jam belajar di sekolah harus berjumlah 40 jam,” sambung Muhaimin.

Sebelum diterapkan, Disdikbud sudah melakukan sosialisasi ke semua SMP agar Kepala Sekolah menyampaikan hal ini kepada orang tua murid. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title