background img

30 PENDATANG BALBAR TERJARING RAZIA

4 months ago written by
PicsArt_07-15-01.18.53

Balikpapan – Sebanyak 30 warga pendatang tersebar di 3 kelurahan wilayah Kecamatan Balikpapan Barat (Balbar) terjaring razia yustisi adiminstrasi kependudukan, yang digelar pihak kecamatan dibantu Satpol PP, TNI dan Polri. Razia digelar dari Jumat malam (14/7) hingga Sabtu (15/7) dinihari pukul 02.00 Wita.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Balikpapan Barat Edy Gunawan menyebutkan, razia yang digelar kurang lebih 4 jam itu merupakan bentuk antisipasi tindak kejahatan atau penyakit masyarakat. Oleh karena itu, pendataan ataupun pemeriksaan identitas merupakan salah satu cara yang dinilai efektif.

“Ini akan kami tindaklanjuti terus untuk mengantisipasi terjadinya penyakit masyarakat, termasuk tindak pidana kejahatan. Jadi kami minimalisir dengan cara razia ini,” jelas Edy kepada KPFM usai razia tersebut.

Berdasarkan hasil penyisiran kos-kosan maupun rumah kontrakan di 3 tempat tersebut, yaitu Kelurahan Margasari, Baru Ulu dan Baru Tengah, kebanyakan di antara mereka yang terjaring adalah yang memiliki identitas luar daerah, namun belum melaporkan ke RT setempat, dengan klasifikasi tak memiliki pekerjaan tetap.

“Kebanyakan dari pulau Sulawesi. Ada yang jadi pedagang. Ada juga yang kami temukan yang ingin jadi tukang parkir, artinya belum punya pekerjaan tetap dan keahlian,” ujar Edy.

Para warga yang terjaring razia tersebut selanjutnya mendapat surat panggilan untuk mengikuti sidang tipiring (tindak pidana ringan) di kantor Satpol PP Kota Balikpapan, jalan Jenderal Sudirman, Kamis (20/7) mendatang.

Dalam razia tersebut, pihak Satpol PP Kota Balikpapan mengerahkan 3 regu atau sekitar 36 anggotanya untuk kelancaran razia yustisi administrasi kependudukan itu. “Ada tiga regu personel kami turunkan untuk membantu pihak kelurahan. Dan ada juga dari TNI dan Kepolisian,” kata Kasi Ops Satpol PP Kota Balikpapan Siswanto. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title