background img

24 ARMADA SAMPAH TAK LAYAK PAKAI

2 weeks ago written by
f6f14d89-711f-4e68-8c88-b905e6c925d2

Balikpapan – Sekitar 40 persen armada pengangkut sampah di Balikpapan dianggap tak layak pakai, dan membutuhkan cadangan agar tidak menghambat kinerja petugas kebersihan untuk mempertahankan predikat sebagai kota Adipura.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan Susarno mengatakan, armada pengangkut sampah yang ada saat ini sebanyak 113 unit, dan 24 unit di antaranya rusak berat sehingga tidak bisa dipakai lagi. Sedangkan 89 unit lainnya masih dapat beroperasi. Sekitar 40 persen di antaranya berusia 10 tahun dan fisiknya sudah banyak yang keropos. Kemudian untuk yang usianya 5 hingga 10 tahun terhitung sekitar 50 persen, dan 10 persen sisanya berusia 1-5 tahun.

“Padahal mobil pribadi saja yang umurnya sudah lima tahun mungkin dibawa ke mall sudah nggak bagus, apalagi yang sehari-harinya untuk mengangkut sampah. Saya tidak bisa membayangkan. Analisa dari apa yang saya lihat dengan penggantian plat nomor yang sampai 3 kali, berarti kan lebih dari 10 tahun. Dua kali saja sudah 10 tahun,” jelasnya kepada KPFM, baru-baru ini.

Selama ini, lanjut Susarno, Balikpapan belum pernah memiliki cadangan armada pengangkut sampah. Pada tahun 2015 silam, pengadaan armada sebanyak 4 unit itu pun untuk penggantian armada yang rusak berat sebanyak 6 unit. Saat ini armada yang ada tersebut tetap diberdayakan untuk operasi mengangkut sampah di 6 kelurahan dan beberapa pasar dan toko yang ada di Balikpapan. Jika ada yang bermasalah, bengkel selalu mencari cara untuk mengakali bagaimana supaya truk tetap bisa jalan selama mungkin.

“Jadi kalau ada salah satu armada yang bermasalah di salah satu lokasi, kami menggunakan sistem tukar pinjam dengan truk yang ada di lokasi lain. Ini mengakibatkan kerja double pada truk dan tenaganya. Harusnya kami punya cadangan, minimal 10 persen dari jumlah armada yang ada,” keluh Susarno. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title