background img

SETIAP ORANG MEMILIKI SEL KANKER

1 week ago written by
PicsArt_02-10-06.28.06

BALIKPAPAN KPFM – Program Interactive Healthy Care bersama Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) di radio KPFM 95.4 Mhz, Jumat (9/2) mengangkat tema kanker. Ini berkaitan dengan Hari Kanker Sedunia, tanggal 4 Februari.

“Pada dasarnya, kanker adalah sebutan untuk benjolan yang tidak normal dalam tubuh yang tumbuh dengan cepat. Bila tumbuh melambat, dinamakan tumor,” kata dr. Rudy Mokodompit Sp PD SpKL saat bincang di acara siaran live yang dipandu announcer Jessica Fatur.

Dikatakannya, sebenarnya setiap orang memiliki sel kanker yang belum tampak atau masih dalam kondisi tidur. Beberapa pemicu yang bisa membuat sel kanker dalam tubuh kita bangun adalah kimia dan polusi.

“Dari sekian banyak kanker yang ada, kanker serviks dan kanker payudara menempati posisi pertama atau tertinggi. Dan dua kanker ini menempati urutan kedua setelah penyakit jantung dalam pembiayaan. Untuk pembiayaan dua kanker ini, sudah menelan anggaran Rp2,1 triliun di tahun 2017,” ujar dokter spesialis dalam ini.

Ia menyarankan, beberapa hal yang bisa dilakukan sendiri di rumah, atau deteksi mandiri benjolan payudara, adalah dengan memeriksa secara reguler payudara menggunakan tangan. Caranya memutar mulai dari puting sampai pada bagian terluar payudara.

“Bila yang diperiksa payudara kanan, tangan kanan berada di belakang kepala, dan yang meraba payudara menggunakan tangan kiri. Secara kasat mata, untuk ciri-ciri kanker payudara bisa dilihat dari bentuk payudara yang tidak sama dengan payudara lainnya, permukaan kulit seperti jeruk atau berpori-pori besar, dan puting mengeluarkan cairan bening atau putih susu,” papar Rudy.

Sedangkan untuk tanda-tanda kanker serviks, lanjutnya, di antaranya mendapat tamu bulanan atau haid tiga kali sebulan, nyeri yang berulang, wajah yang pucat karena HB yang turun.
Rudy juga menyinggung, tema kanker dunia tahun ini We Can I Can.

“Mudah-mudahan bisa membuat kita peduli dengan kanker dan bisa mendeteksi sedini mungkin,” tambahnya.

Rudy juga mengimbau, agar masyarakat untuk melakukan medical check up setiap tahunnya, melakukan pemeriksaan mandiri, memperbanyak serat dan buah, serta rutin berolahraga. (JESSICA/KPFM)

Article Categories:
News · Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title