background img

2 BENDERA RAKSASA DI LANGIT SEMAYANG

2 minggu ago written by
2 BENDERA RAKSASA DI LANGIT SEMAYANG (3)

KPFM BALIKPAPAN – Ada pemandangan yang tak biasa di langit Kota Balikpapan, Rabu (7/8). Tepatnya di kawasan Pelabuhan Semayang Balikpapan, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Prapatan, Balikpapan Kota (Balkot).

Terlihat dua buah bendera merah putih raksasa berukuran 10 kali 17 meter berkibar dengan gagah di tower navigasi milik Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan. Pengibaran bendera raksasa ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74.

“Inisiatif dari kami sendiri. Hanya untuk memeriahkan hari kemerdekaan saja. Kebetulan ada tower yang tak terpakai. Pas juga timingnya hari kemerdekaan,” kata Kabid Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli KSOP Klas I Balikpapan, Alex Seleng Allokendek kepada KPFM, Rabu (7/8).

Menurut Alex, pengibaran bendera raksasa ini memang telah dipikirkan sebelumnya. Pihaknya melihat tower navigasi yang ada tidak berfungsi. Hal ini yang mendorong pihaknya untuk mendesain sedemikian rupa agar tower tersebut bisa bermanfaat.

“Memang kami ada rencana sebelumnya, kami memanfaatkan tower yang kosong. Satu bulan sebelumnya kami rencanakan. Benderanya dijahit oleh penjahit lokal Balikpapan,” ujarnya.

Ditanya soal proses pengibaran, Alex mengaku jika tidaklah mudah. Ini dikarenakan ukurannya yang cukup besar. “Sedikit sulit saat proses pengibaran. Ada sekitar 10 orang yang pasang. Ketinggian pemasangan sekira 50 meter dengan tali tambang terikat kuat di batang besi tower,” ungkapnya.

Dua bendera tersebut akan berkibar hingga akhir bulan Agustus mendatang. Dan sejauh ini, bendera tersebut menjadi bendera terbesar yang ada di Balikpapan. “Saya juga baru tahu kalau ini yang terbesar.  Ini untuk motivasi, pembangkit nasionalisme biar terus tumbuh,” tandasnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *