background img

10 RIBU TABLET FE UNTUK PELAJAR SMP BALIKPAPAN

2 weeks ago written by
PicsArt_09-12-07.35.29

Balikpapan – Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan bersama PT Kimia Farma memberikan 10 ribu tablet Ferum (Fe) yang mengandung zat besi kepada pelajar di enam SMP Balikpapan, Senin (10/9).

Kepala Bina Kesehatan Masyarakat (Binkesmas) dr. Andi Sri Juliarty mengatakan, ini adalah tindak lanjut MoU Corporate Social Responsibility (CSR) antara Pemerintah Kota Balikpapan dengan Kimia Farma dalam rangka ulang tahun ke-46 Februari lalu. “Sebenarnya simbolis pemberian tablet Fe ini sudah dilakukan 27 Agustus lalu. Hari ini adalah pemberian secara serentak pada enam SMP yang ditunjuk dari 6 kecamatan di Balikpapan,” ujarnya saat diwawancarai KPFM di kantornya jalan Jenderal Sudirman.

Wanita yang akrab disapa dokter Dio ini menjelaskan, pemberian ribuan tablet Fe dilakukan secara bertahap dalam tiga kali putaran. Untuk putaran pertama diserahkan sebanyak 3.526 tablet.

Dari Kecamatan Balikpapan Tengah diwakili SMPN 1 dengan jumlah pelajar 671, untuk Balikpapan Kota diwakili SMPN 12 pemenang lomba Sekolah Sehat tingkat kota 2017 mewakili provinsi dengan jumlah 607 anak. Sedangkan Balikpapan Utara diwakili SMPN 6 dengan 488 anak, dan Balikpapan Barat diwakili SMPN 9 sebanyak 557 anak didik.
Sementara Kecamatan Balikpapan Selatan yang diwakili SMPN 14 mencakup 556 pelajar, serta Balikpapan Timur diwakili SMPN 8 ada 647 anak. “Putaran kedua akan dilakukan Senin depan di sekolah yang sama,” papar dokter Dio.

Pemberian tablet Fe ini merupakan salah satu program Kementerian Kesehatan. Hanya saja terdapat perubahan pada pelaksanaannya. Jika sebelumnya tablet tersebut untuk konsumsi setiap hari, sekarang diminum hanya seminggu sekali. Dalam satu tahun para pelajar ini harus minum tablet Fe 48 kali.

“Kami berharap orang tua dari anak didik di sekolah swasta maupun negeri yang belum mendapat tablet Fe, bisa berinisiatif membeli di apotek. Jadi tidak menunggu dari pemerintah. Sekolah prioritas adalah yang kira-kira anak didiknya paling rendah hemoglobinnya,” imbuhnya. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title